Sabtu, 15 September 2012

Rangkuman Bahasa Rakitan ( Percobaan Kedua )

Pada posting yang kemaren suda saya lakukan percobaan yang membingungkan tapi setelah kemaren di jelaskan oleh bapak Nahar Mardiantoro, M.Kom sedikit sedikit ada bayang bayang di otakku tentang bahasa rakitan walau masih bayang bayang agak semu hehehe. . .

setelah kemaren praktek memunculkan huruf A dengan menggunakan bahasa rakitan eh eh eh sekarang lebih parah harus memunculkan huruf ABC sekaliguhh wah wah wah pusing nichhh . . . aku tengok kiri tengok kanan wajah wajah temenku juga sama sudah memasang wajah bingung hohohohohohooo aku buka lagi mozilla buka lagi dech
mardziyant.wordpress.com ku buka lagi materi dari awal sampe materi yang ke tiga ku baca bolak balik tetep aja susah . . . .  ke mudian aku coba aja atm hehehehe dari yang kemaren aku atm ( amati , tiru dan modifikasi ) jadi seperti ini :
1. masuk ke notepad dan ketikan kode di bawah ini 
hasilnya juga bagus muncul huruf ABC tapi aku beda sama temen temen jadi aku ganti deh di samain sama temen temen toh yang di jelaskan juga yang di tuis di depan hehehe . .. .  lalu aku samain menjadi seperti ini :
. model small
.code
org 100h
mulai :
    mov ah, 02h
    mov dl, 65
    int 21h

    mov ah, 02h
    mov dl, 66
    int 21h
                                    
                                      mov ah, 02h
                                      mov dl, 67
                                      int 21h
       
                                      int 20h
                               end mulai
2. simpan file yang sudah kita ketikan tadi dengan nama contoh Percobaan.asm yang harus di perhatikan pada saat menyimpan di sini extensi dan type filenya ingat nama fifle hars di kasih akhiran .asm dan type file adalah All file

3. setelah di simpan langkah selanjutnya adalah di compile ???? compile itu mirip gorengan apa apa yaaaa . . .  ingin tempe  (deleng kene)   hahaha . . .
Cara mengcompile yaitu peratama kamu harus asuk ke Command Prompt ==> tekan tombol start + R di keyboard lalu ketikan cmd kemudian enter  ==> masuk ke folder asmnya terus lakukan compile dengan cara * tasm percobaan.asm * enter

4. kemudian di link kan dengan cara * tlink /t percobaan.obj* ( file dari mana) ??? file percobaan.obj adalah file hasil dari tadi kita compile (kalau gak salah)

5. percobaan selesai . . .  nanti hasilnya akan seperti di bawah ini
 BERHASIL BERHASIL BERHASL . . . .
alhamdulilah selesaiii dan udah seneng seneng ternyata dosen kita ngomong lagi coba kalaian utak atik codenya mulai dari kasih tanda titik koma (;) pada awal code int 21h kemudian compile ulang dan hasilnya tidak ABC tapi Bc tok wahhhh gimana nichhh rusak deh program aku wah gimana nichh pak dosen ???? ternyata dosen kita MANTAP dia bilang kalau kamu pas melakukan percobaan sukses terus kamu tidak akan bisa menjawab bila nanti ada orang menanyakan permasalahan hehehe emang MANTAP SURANTAP pak . . . . .o iya tanda (;) tadi itu berfungsi untuk menonaktifkan fungsi dari code apa saja yang kita tulis ( gini ) kalau kita nulis apa saja (ingat) APA SAJA  kalau di awal code kita kasih tanda (;) itu dianggap tidak ada code ( jerene) . . ..



Sebenarnya code yang kita tulis tadi apa sihhh artinya . . . . .
 ini dia

mov ah, 02h ==> Nilai service untuk mencetak karakter

mov dl, 65   ==> Karakter ASCII yang di cetak

int 21h        ==> perintah untuk mencetak

int 20h       ==> Selesai kembali kke dos

Selesai semoga bermanfaat . . . . . .. .




 

             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar